Disclaimer

Sebagai seorang dokter, saya harus memberikan disclaimer kepada pasien saya yang sedang mempertimbangkan untuk menjalani operasi. Anda seharusnya tidak melakukannya kecuali Anda tahu apa yang Anda hadapi.

Adalah bijaksana untuk berkonsultasi dengan ahli bedah Anda sebelum operasi. Jangan malu; katakan saja padanya apa yang ingin Anda lakukan. Juga, beri tahu mereka jika Anda memiliki kondisi yang sudah ada sebelumnya.

Ketika seseorang menjalani operasi, apakah itu operasi untuk menghilangkan kanker, atau operasi untuk memperbaiki air mata, pembuluh darah atau patah tulang, mereka akan memiliki efek samping. Efek samping ini tidak akan selalu terjadi segera setelah operasi. Misalnya, dokter Anda mungkin memberi tahu Anda untuk mengonsumsi aspirin selama beberapa hari. Maka dia mungkin akan memberitahu Anda untuk mengambil ibuprofen untuk jangka waktu yang sama.

Anda dapat mengetahui lebih lanjut tentang obat yang diresepkan dokter bedah sebelum Anda mulai meminumnya, dan Anda dapat mengajukan pertanyaan mengapa mereka meresepkannya dengan cara ini. Mungkin itu karena mereka pikir itu akan membantu menghentikan pendarahan setelah operasi. Mungkin itu masalahnya, tetapi ini juga bisa karena mereka pikir itu akan membantu Anda merasa lebih baik.

Jika Anda memiliki kondisi yang sudah ada sebelumnya, terutama jika itu bukan kondisi yang baik, maka dokter Anda dapat meminta Anda untuk berhati-hati jika Anda menggunakan obat. Juga, ia akan memberi tahu Anda jika Anda harus minum aspirin, atau jika Anda harus menjauh dari ibuprofen.

Penafian juga tidak boleh datang tanpa peringatan. Berhati-hatilah jika ahli bedah memberi tahu Anda untuk menghindari olahraga kontak. Anda harus tahu bahwa steroid, testosteron, diuretik, dan HGH semuanya membantu meningkatkan aliran darah ke daerah tersebut. Anda harus mengetahui hal ini ketika Anda mempertimbangkan operasi pada kulit Anda atau area lain di mana ada jumlah darah terbesar.

Anda juga harus tahu bahwa beberapa pembedahan dilindungi oleh asuransi dan ini tidak selalu seperti yang dinyatakan oleh penafian. Juga, sebagian besar perusahaan asuransi tidak akan menanggung biaya bius, jika pembedahan melibatkan pembedahan untuk memperbaiki jaringan yang rusak. Perusahaan asuransi akan menutupinya, tetapi mereka tidak akan membayar untuk anestesi. Pastikan untuk memeriksa dengan perusahaan asuransi Anda sebelum Anda menjalani operasi.

Anda juga perlu mewaspadai risiko prosedur bedah. Ini adalah sesuatu yang Anda dan dokter Anda harus diskusikan sebelum Anda menyetujui operasi.

Karena itu bisa berbahaya, dan Anda mungkin merasakan tekanan untuk menjalani operasi sebelum waktunya tiba, Anda tidak boleh membiarkan emosi Anda memengaruhi keputusan Anda. Bahkan jika ahli bedah Anda tampaknya sangat senang dengan hasil operasi, Anda mungkin merasakan tekanan untuk menjalani operasi. Ingat bahwa keputusan Anda harus selalu didasarkan pada kebutuhan medis Anda, bukan keinginan orang yang beroperasi pada Anda.

Akan selalu ada risiko untuk operasi. Karena itu, penafian harus jelas tentang tindakan pencegahan yang harus diambil.

Ingatlah untuk mengikuti penafian dengan cermat. Dalam kebanyakan kasus, dokter atau ahli bedah dapat memberi tahu Anda jenis operasi apa yang Anda lakukan. Anda harus mengajukan pertanyaan tentang bagaimana operasi dilakukan, dan tindakan pencegahan apa yang diambil.

Penafian adalah bagian penting dari peran dokter. Seharusnya tidak dianggap enteng, tetapi sebaiknya Anda mendapatkannya sebelum operasi agar Anda tidak terkejut dengan komplikasi yang mungkin terjadi akibat operasi.